Minggu, 10 Februari 2013

Dragbike,Penyebab lengsernya rider dragbike


drag, pertamina, drag bike, helmy sungkar, trendypromo mandira, kyt, balap drag, balap motor, drag bike indonesia, drag bike bekasi, delta mas, r9 racing, video
Penyebab lengsernya rider dragbike
Penyebab lengsernya rider dragbike - Tak dimungkiri bila event drag bike merupakan salah satu balap yang saat ini paling banyak penggemarnya. Kepopulerannya merambah hingga semua kalangan. Bahkan bagi mereka yang belum paham pasti perihal kompetisi drag bike, sudah akrab dengan adu pacu di trek lurus ini.

Namun di balik semua itu, tahukan Anda bila terkadang para joki melakukan kesalahan-kesalahan kecil? Kesalahan kecil tersebut mungkin tak mereka sadari. Padahal, mengandung risiko yang sangat berarti.
Selain melakukan kebiasaan-kebiasaan 'aneh', dragster juga terkadang melakukan hal yang tidak perlu terjadi.
drag, pertamina, drag bike, helmy sungkar, trendypromo mandira, kyt, balap drag, balap motor, drag bike indonesia, drag bike bekasi, delta mas, r9 racing, video
Kompetisi drag bike yang selalu dipadati oleh ratusan penonton
Di antaranya adalah kesalahan saat melakukan start. Karena nafsu terlalu besar untuk memenangkan pertandingan, terkadang membuat mereka mengambil risiko: jalan duluan sebelum lampu start dimulai. Atau lebih kerennya biasa disebut jump start.

Hal ini akan sangat merugikan. Merugikan bagi pembalap juga bagi timnya. Bahkan pada peraturannya, joki tersebut akan didiskualifikasi atau dikeluarkan dari arena balap. Kesalahan kecil tapi risikonya besar.

Pengalaman jump start juga pernah dialami oleh dragster cewek Sabrina Sameh. "Baru pertama kali jump start. Sebelumnya belum pernah sama sekali," ungkap Sabrina. "Kan pengen menang dengan time yang bagus. Jadi nembak lampu duluan. Eh, malah jump start," tambahnya saat event TDR Drag Bike Championship 2012 di Senayan.
drag, pertamina, drag bike, helmy sungkar, trendypromo mandira, kyt, balap drag, balap motor, drag bike indonesia, drag bike bekasi, delta mas, r9 racing, video
Peserta akan langsung didiskualifikasi ketika lakukan jump start
Satu lagi yang sekarang jadi trend di trek lurus. Entah disengaja atau tidak, penonton sering melihat joki mengangkat ban depan ketika memulai aksi balapnya. Memang keren kalau dilihat. Tapi aksi ini justru akan merugikan si joki tersebut.
Hal ini pun dibenarkan oleh salah satu pemilik tim balap drag bike, Bergas. Sudah lama malang melintang di dunia balap drag bike membuat Bergas paham berul akan hal ini. "Mengangkat ban depan akan mengurangi time kita. Itu bisa disebabkan oleh pemilihan gigi rasio yang kurang tepat atau tenaga motor terlalu besar," papar Bergas.
satria fu, satria, suzuki satria, suzuki, motor drag, drag bike, drag bike indonesia, modifikasi motor drag
Bergas, penikmat dan penghobi drag bike
Hal fatal juga pernah terjadi saat joki lakukan angkat ban depan yang tak sengaja, tapi malah bablas ke belakang. Kejadian itu terjadi dalam event Corsa Drag Bike 2012 di sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat. Yang lebih parahnya lagi, aksi ini diperankan oleh dragster cewek asal Bandung, Indri Barbie yang saat ini sudah hijrah ke road race.
Alhasil selain rugi tidak bisa menyentuh garis finish, Indri Barbie juga harus dilarikan ke Rumah Sakit. Aksi ini tentu menjadi pembelajaran bagi kita semua, khususnya bagi para joki. Jadi safety riding harus diutamakan.

Bisa disimpulkan, selain setingan  motor dan start, joki drag bike pun menentukan hasil akhirnya.
drag bike, video drag bike, motor drag, drag bike indonesia, drag bike thailand, vincent's racing gallery, vincent's gallery, tim balap drag bike, dani tilil, toko spare part drag bike, toko spare part, tim drag bike jakarta, video
Untuk menang, setingan motor juga harus mumpuni

SUMBER sportku.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar