suzuki satria-fu 150 modifikasi turbocharger - selamat malam semua,setelah sebelumnya saya menulis artikel dengan judul
cara modifikasi jupiter z, kali ini saya akan posting artikel masih dengan tema yang sama yaitu
modifikasi motor namun dengan judul yang berbeda yaitu
cara modifikasi satria-fu dengan turbocharger.
Penampakan komponen Turbocharger ini terlihat seperti yang ditunjukan
oleh foto Belang R150 dengan Turbo kiriman CLM custom works berikut ini:
Spesifikai modifikasi satria-fu 150 turbocharger
Spek Modifikasi:
- Mesin standar orisinil Suzuki Belang (147cc)
- Turbo TD02
- Karburator PE28
- CDI Rextor limited edition
- Intercooler 4×4 diesel
- Boost 1 Bar
Sangar ya pemirsa?
Makin menarik karena ternyata modifikasi turbo di si Belang ini masih
menggunakan Karburator seperti yang disebutkan diatas (tadinya saya
pikir sistem bahan bakarnya diubah Injeksi, ternyata masih pake PE28,
ckckck).
Tak banyak memang informasi yang bisa saya gali dari hasil
perbincangan dengan master turbo ini. Tapi kawan baru ini cukup berbaik
hati untuk berbagi beberapa informasi ubahan yang dilakukannya. Dan
berikut ini rangkuman dari penuturannya saat berbincang dengan saya:
Tips modifikasi motor suzuki satria-fu 150 turbocharger
- Untuk memasang turbo ini di belang, tak perlu merubah apapun di
sektor mesin. Ia hanya melakukan modifikasi pada pipa intake dan exhaust
manifold, sementara pipa knalpot masih orisinil.
- Biaya yang dihabiskan untuk aplikasi turbo ini sekitar 3500RM ( +- 11jt rupiah)
- Karena masih menggunakan sistem karburator sebagai penyuplai bensin,
maka untuk menyesuaikan debit bensin dari karbu supaya nggak
‘tekor/kekeringan’ saat boost turbo aktif, maka ia perlu menambahkan
‘Fuel Regulator’ dan sensor O2 untuk mengontrol Air Fuel Ratio (AFR)
- Belang dengan turbo ini sudah ditest jalan dengan pemakaian harian
selama 6 bulan dengan jarak tempuh sekitar 120km/hari tanpa ada kendala
apapun. Hanya saja konsumsi bensin memang jadi jauh lebih boros.
- Untuk kenaikan performa, memang belum pernah ditest diatas mesin
dyno. Tapi peningkatan torsi sangat terasa di setiap rentang rpm, dengan
maksimum boost diset di 1 bar.
terima kasih sudah membaca postingan in
i dan wassalam ..
sumber : http://satria155.com/modifikasi-turbocharger-satria-fu-belang/
0 komentar:
Posting Komentar