Cara membuat motor standar menjadi dragbike

cara membuat motor standar anda menjadi drag dengan sangat mudah dan lengkap

Cara membuat motor standar menjadi dragbike - Dragbike yang sedang ngetren dan banyak wadah untuk balapan, membuat penyuka kecepatan dan bengkel ingin berpartisipasi. Kenyataannya, drag bike tidak hanya dipakai untuk balap, juga sekadar penampilan sehari-hari. Alhasil, sepeda motor standar pun siap berubah wujud jadi lebih seksi.


Menurut Harri Novrian, yaitu pemilik bengkel dragbike di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, spesifikasi drag bike di negara kita Indonesia ini termasuk minimalis, tidak perlu canggih seperti di luar negeri. ”Kalo boleh dibilang, sepeda motor diubah seringan mungkin. Bagian yang tidak penting dibuang saja supaya nggak nambah beban dan membuat motor anda berat,” jelasnya.
Sederhananya, untuk mengubah sepeda motor menjadi model drag bike, bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

  • Yang pertama yaitu sasis !  Bila dirasa tidak sesuai dan kurang ringan, bisa anda ganti dengan yang baru. Inilah salah satu yang menghabiskan biaya. Kalau versi impor dari Jepang, sasis dragbike bisa mencapai Rp 10-25 juta.
  • Untuk kaki-kaki, pilihlah sokbreker yang sesuai dengan ukuran sepeda motor anda . Ukuran ban juga disesuaikan yah gan, yaitu  50/90 untuk ban depan, dan 60/80 buat ban bagian belakang. Diameter pelek juga harus diperkecil, karena itu berhubungan dengan mesin yang akan di-bore up.”Hitungannya berbeda jika diameter ban nggak cocok. Semakin besar kapasitas, diameter ban diperkecil karena harus menggunakan perbandingan gigi yang tepat,”  terang Harri.
  • Agar bertenaga, mesin harus dioprek. Penggantian biasanya dilakukan pada noken as atau asklep, piston, karburator, kabel busi dan beberapa komponen lainnya dengan spesifikasi balap. Memperbesar langkah dan diameter piston (termasuk silinder) serta  perbandingan transmisi juga penting.  perbandingan gigi akhir adalah faktor penting untuk meningkatkan performa motor.
  • Setelah bodi ringan, kaki-kaki oke, dan mesin  mantap, langkah selanjutnya adalah settingan sepeda motor sesuai bodi dan gaya si penunggang. Misalnya dengan pemasangan setang jepit, pijakan kaki baru, sampai jok datar dan tanpa tambahan busa (jadi tidak nyaman).
  • Menurut Harri, kemungkinan biaya akan berada di kisaran Rp 3-5 juta untuk versi yang murah, dan Rp 5-20 juta untuk spesifikasi yang heboh. ”Kalau anda ingin murah, modif  sepeda motor matik saja. Karena anda  tidak perlu repot mengganti  gigi-gigi transmisi  yang mahal. Cukup hanya memperbesar diameter silinder dan memperpanjang langkah”,” ujarnya.
  • Untuk tampilan, bisa anda sesuaikan dengan selera. Maka dragbike versi rumahan pun siap dibesut, asal dipakai di wadah yang benar dan tidak lupa mengutamakana keselamatan.

Sampai disini artikel saya dengan judul  Cara membuat motor standar menjadi dragbike dan akan saya lanjut minggu depan.
Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara membuat motor standar menjadi dragbike

1 komentar:

  1. Mantap tipsnya, kebetulan saya punya rangka motor Kawasaki Ninja tahun 1997, mau tak modif namun masih belum cukup duit mas

    BalasHapus