Trik membuat motor dragbike |
Pada dasarnya, balap drag bisa saja menggunakan motor harian seperti yang lazim kita jumpai di jalanan. Akan tetapi untuk memberikan power atau tarikan yang kencang ada beberapa part yang harus kita ganti.
Cara membawa motor drag bike menjadi penentu kemenangan |
Langkah awal mungkin bisa berkonsentrasi pada bagian kaki-kaki.
Drag bike dari tim Anker Sport |
Ukuran ban juga tidak boleh sembarangan. Untuk ban depan minimal menggunakan
ban berukuran 50/90 sedangkan untuk ban bagian belakang menggunakan
ukuran 60/80.
Jika pada bagian kaki-kaki sudah disesuaikan dengan
kebutuhan, maka langkah selanjutnya yakni mengarah pada bagian mesin.
Bagian ini juga tidak kalah pentingnya untuk membuat laju motor bisa
menembus waktu singkat.
Yamaha F1ZR yang dirubah menjadi motor dragbike |
Untuk
mesin juga banyak yang diganti dengan part racing untuk lebih
memaksimalkan laju motor. Mungkin kita sudah akrab dengan kata bore up.
Seperti halnya karburator dengan venturi lebih besar akan menjadi
primadona untuk mendongkrak tenaga di putaran atas.
Bagian setang juga mempunyai desain tersendiri untuk motor drag. Lazimnya, pada bagian ini stang dibentuk sedemikian rupa dan disesuaikan dengan sang joki yang akan menggeber motor tersebut.
Bagian setang juga mempunyai desain tersendiri untuk motor drag. Lazimnya, pada bagian ini stang dibentuk sedemikian rupa dan disesuaikan dengan sang joki yang akan menggeber motor tersebut.
Para penonton sedang menyaksikan balapan drag bike |
SUMBER sportku.com
0 komentar:
Posting Komentar